header-int

STKIP Persada Khatulistiwa Program Studi PGSD Gelar Pentas Seni

Senin, 29 Jan 2018, 16:07:04 WIB - 167 View
Share
STKIP Persada Khatulistiwa Program Studi PGSD Gelar Pentas Seni

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persada Khatulistiwa Sintang mengadakan pentas seni dalam rangka pengambilan nilai ujian akhir semester, mata kuliah Pendidikan Bahasa dan Budaya Kalimantan yang di ajar oleh Sudarto, M.Pd.  Pentas seni tersebut diadakan di pendopo bupati Sintang. Jumat (26/01).

Adapun mahasiswa yang terlibat adalah mahasiswa/i program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang merupakan gabungan dua kelas, yaitu kelas C6 dan D6. Aspek yang dinilai dalam pengambilan mata kuliah tersebut dibagi menjadi beberapa bagian.

Hal yang menarik adalah dosen sengaja membuat variasi yang berbeda dalam praktik. Mahasiswa/i muslim atau bersuku melayu khusus pengambilan praktik menari. Sedangkan mahasiswa/i dayak dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu yang perempuan menari dan yang laki-laki bekana.

Bekana adalah salah satu tradisi yang secara turun temurun dilakukan oleh orang dayak. Bekana biasanya dilakukan pada saat gawai Dayak, bekana itu sendiri berisi tentang ucapan syukur, maupun kritik terhadap kehidupan.

Mengingat bahasa dan budaya-budaya yang ada disekitar hampir punah dan sudah mulai dilupakan, maka perlu adanya suatu pelestarian melalui para generasi muda. Hal tersebut mendorong untuk dilakukannya pengambilan nilai mata kuliah berupa praktik.(Bernadeta Diva)

Unidha

STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Email : stkippersada@gmail.com
Phone : (0565) 2022386, 2022387
© 2018 UPT. Teknologi Informasi & Komunikasi. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang: Facebook Twitter Linked Youtube