header-int

STKIP Persada Khatulistiwa Sintang mengadakan Seminar Nasional Pendidikan dengan tema "ISU-ISU PEMBELAJARAN MIPA ABAD 21"

Rabu, 14 Des 2016, 10:54:46 WIB - 495 View
Share
STKIP Persada Khatulistiwa Sintang mengadakan Seminar Nasional Pendidikan dengan tema "ISU-ISU PEMBELAJARAN MIPA ABAD 21"

STKIP Persada Khatulistiwa Sintang melalui Program Studi Pendidikan Biologi mengadakan seminar nasional pendidikan dengan tema "Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21" yang dilaksanakan di Ballroom Hotel My Home Sintang Sabtu, 10 Desember 2016. Dengan pembicara Prof. Dr.Siti Zubaidah, S.Pd., M.Pd yang merupakan Guru besar bidang Genetika Universitas Negeri Malang. Pembicara kedua Lasarus, S.Sos. M.Si yang merupakan wakil ketua komisi V DPR-RI. Pembicara ketiga Prof. Dr. Ani Rusilowati, M.Pd beliau merupakan guru besar pendidikan Fisika Universitas Negeri Semarang. Pembicara keempat Dr. Sugianto., M.Pd beliau merupakan Ketua Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Tanjungpura. Seminar Nasional Pendidikan ini dipandu langsung oleh Pembantu Ketua Bidang Akademik STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Dr. Hilarius Jago Duda, S.Si., M.Pd.

Sebelum para pembicara menyampaikan materi seminarnya terlebih dahulu acara dibuka oleh sambutan dari Ketua Panitia Seminar Nasional Pendidikan Yasinta Lisa, S.Si., M.Cs. Dilanjutkan sambutan dari Ketua STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Drs. Rafael Suban Beding, M.Si. Sambutan selanjutnya oleh Bupati Sintang yang dalam hal ini diwakilkan oleh Asisten Tiga Bupati. Dilanjutkan penandatanganan kerja sama oleh Universitas Negeri Malang dengan STKIP Persada Khatulistiwa Sintang dan pembacaan Doa.

Sebagai pembicara pertama Prof. Dr. Siti Zubaidah, S.Pd., M.Pd. Menyampaikan Materi tentang Isu-isu Pembelajaran Abad 21. Pada abad 21 ditekankan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran. Bahwa pembelajaran tidak harus diruang kelas, pembelajaran bisa dilakukan dimana saja. Setelah menyampaikan materinya dilanjutkan dengan sesi pertanyaan yang di pandu oleh moderator Dr. Hilarius Jago Duda., S.Si., M.Pd.

Pembicara kedua Lasarus, S.Sos., M.Si, menyampaikan tentang Gambaran Perkembangan Pendidikan Di Kalimantan Barat berdasarkan perspektif DPR-RI. Lasarus menyampaikan Tantangan pengembangan dunia Pendidikan di Indonesia dan Kalimantan Barat secara khusus, selain itu Lasarus juga menyampaikan tentang Kondisi Umum Dunia Pendidikan di Kalimantan Barat mengenai peluang dan realita pendidikan di Kalimantan Barat, Lasarus menyampaikan bahwa kualitas pendidikan di Kalimantan Barat masih jauh dengan kualitas pendidikan di daerah lain. Seperti pemateri sebelumnya seminar di tutup dengan sesi tanya jawan dengan peserta seminar.

Pemateri/pembicara ketiga Prof. Dr. Ani Rusilowati, M.Pd menyampaikan materi seminar tentang Evaluasi Pembelajaran MIPA Abad 21, yang mencakup jenis-jenis evaluasi dalam pembelajaran sampai Pengkondisian siswa agar dapat bersaing secara global. Ditutup dengan sesi tanya jawab pemateri dengan peserta seminar.

Pembicara terakhir Dr. Sugianto, M.Pd. dalam seminar Nasional pendidikan ini menyampaikan materi Inovasi Pembelajaran MIPA abad 21, Isu-isu Kosakata Matematis dan Inovasi Pembelajarannya. Bahwa menurut beliau yang disadur dari harian Kompas kemampuan membaca orang dewasa di Indonesia masih buruk. Sugianto juga menjelaskan bahwa produk berpikir ilmuan MIPA kurang dirasakan sebagai hasil berfikir tingkat tinggi. Seminar di Hotel My Home di tutup dengan pemberian plakat dan cinderamata untuk pemateri dan makan siang bersama. Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi paralel pemakalah di Gedung E STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.(fah)

Unidha