header-int

Studium Generale "LITERASI SAINS" Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Selasa, 13 Des 2016, 14:30:24 WIB - 1362 View
Share
Studium Generale "LITERASI SAINS" Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang menyelenggarakan kuliah umum dengan tema Literasi Sains dengan pemateri Prof. Dr. Ani Susilowati.M.Pd yang merupakan guru besar fisika dari Universitas Negeri Semarang.

Sebelum acara dimulai terlebih dahulu ketua panitia kegiatan kuliah umum Andri, M.Pd memberikan sambutan. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh mahasiswa/i atas antusias mahasiswa dalam menghadiri kuliah umum ini. Andri juga menyampaikan agar mahasiswa dapat mendapatkan pengalaman dan ilmu dalam kegiatan kuliah umum ini serta dapat menyampaikan pertanyaan jika dirasa ada materi yang belum dipahami mahasiswa.

Selanjutnya sambutan dari ketua Program Studi PGSD Imanuel Sairo Awang, S.Si., M.Pd dan dilanjutkan dengan sambutan ketua STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Drs. Rafael Suban Beding. M.Si sekaligus membuka kegiatan Kuliah Umum. Pada kesempatannya Ani menyampaikan bahwa literasi mahasiswa di Indonesia masih sangat kurang jika di bandingkan dengan negara tetangga kita di asia. Beliau juga menuturkan jika rendahnya literasi mahasiswa di Indonesia dikarenakan kurangnya minat membaca siswa di Indonesia. Dalam kuliah umumnya beliau menyampaikan bahwa kemampuan litersi dapat di tingkatkan dengan berbagai model pembelajaran antara lain model pembelajaran problem base learning dan project base learning. Literasi sains ini harus di pupuk sejak dini dengan cara membuat buku ajar yang di lakukan oleh guru.

 Ani juga menyampaikan mahasiswa/mahasiswi program studi PGSD yang kelak nanti menjadi guru harus dapat membuat buku ajar agar dapat meningkatkan Literasi Sains siswa didik.

Ani juga mengajak agar guru wajib membuat buku ajar untuk meningkatkan literasi sains siswa serta memberikan contoh desain prototype buku ajar serta dasain fitur yang terdapat di dalam buku ajar. Selain mengajak membuat buku ajar beliau juga menyampaikan langkah pengembangan literasi sains yang memuat beberapa poin mulai dari identifikasi kompetensi yang akan di capai sampai sampai dengan uji kebertemaan buku oleh pengguna. Ani juga menyampaikan bentuk-bentuk buku ajar antara lain cetak, Elektronik, Cetak dilengkapi audio, cetak dilengkapi video. Untuk jenis buku ajar cetak dilengkapi audio di peruntukkan untuk siswa/anak berkebutuhan khusus dalam hal ini cocok digukanan untuk siswa tunanetra, sedangkan cetak dilengkapi dengan video diperuntukkan untuk anak tunarungu. Ani juga menyebutkan bahwa untuk meningkatkan litersi sains juga dapat menggunakan alat peraga untuk menunjang kemampuan literasi Sains.

Kuliah umum ditutup dengan sesi tanya jawab, penyerahan kenang-kenangan serta foto bersama.(fah)

Unidha