header-int

WORKSHOP PKM DAN PENULISAN PKM 5 BIDANG

Senin, 15 Okt 2018, 10:09:31 WIB - 120 View
Share
WORKSHOP PKM DAN PENULISAN PKM 5 BIDANG

Sabtu, 13 Oktober 2018 bertempat di Gedung H.A Edy Riberu, S.Pd., M.Si. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, telah dilaksanakan kegiatan Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Penulisan PKM 5 Bidang serta PKM Karya Tulis dengan tema "Mewujudkan Generasi Ilmiah yang Kreatif, Inovatif dan Berprestasi".

Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 s/d 11.00 WIBA dilanjutkan pukul 14.00 s/d 17.00 WIBA ini dihadiri oleh Bapak Drs. Rafael Suban Beding, M.Si, selaku Ketua STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Bapak Didin Syafruddin, S.P., M.Si selaku Ketua Bidang Non-Akademik, Bapak Avelius Dominggus Sore, S.E., M.Pd selaku Kabag. Kemahasiswaan dan Alumni Persada Khatulistiwa Sintang, Bapak Imanuel Sairo Awang, S.Si., M.Pd selaku ketua Prodi PGSD, 5 orang tamu undangan dan 291 mahasiswa/i STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Kegiatan ini dibuka dengan pembacaan susunan acara yang disampaikan oleh pembawa acara yaitu Brigita Fitri, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, kata sambutan dari Ketua BEM, kata sambutan dari Ketua STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Do'a dan langsung masuk ke acara inti, yaitu seminar PKM.

Seminar dibagi kedalam 2 sesi. Sesi pertama materi disampaikan oleh Bapak Beni Setiawan, M.Pd dan Venansius Kusnandi sebagai moderator sedangkan sesi kedua materi disampaikan oleh Dr. Hilarius Jago Duda, S.Si., M.Pd dan Nunung sebagai moderator. Pada awal penyampaian materi, Bapak Beni Setiawan, M.Pd menjelaskan sedikit tentang sejarah PKM di Indonesia yang pertama kali dimulai pada tahun 2001 sedangkan Pimnas dimulai pada tahun 2011 dan masih berlanjut sampai sekarang.

Beliau juga menjelaskan tentang syarat-syarat dalam kelompok PKM 5 Bidang dan PKM Karya Tulis dan sistematika penulisan PKM. Bapak Beni Setiawan, M.Pd juga menjelaskan jika proposal ingin lolos, ikuti sistematika penulisan yang terdapat dipendoman PKM dan lakukan review internal dengan dosen pendamping.

Masuk pada sesi kedua, yaitu sesi dengan Dr. Hilarius Jago Duda, S.Si., M.Pd sebagai pemateri dan Nunung sebagai moderator. Dr. Hilarius Jago Duda, S.Si., M.Pd menyampaikan materi tentang bagaimana memilih judul proposal yang menarik, ketepatan waktu dalam pengumpulan PKM dan aspek administrasi yang harus tepat.

Setelah selesai menyampaikan materi, peserta dipersilahkan pulang dan dihimbau untuk datang kembali pada pukul 14.00 untuk mengikuti penjelasan masing-masing setiap bidang PKM yang terbagi dalam beberapa ruangan.

Ruangan B101-B102 di ikuti oleh peserta dari PKM Humaniora dan didampingi oleh Bapak Valentinus Ola Beding, S.S., M.Pd, ruangan B103 di ikuti peserta dari PKM Gagasan Tertulis dan PKM Artikel Ilmiah yang didampingi oleh Bapak Dr. Yakobus Bustami, S.Si, M.Pd, ruangan B104 diikuti oleh peserta PKM Pengabdian Masyarakat dan didampingi oleh Bapak Beni Setiawan, M.Pd, ruangan C101-C102 diikuti oleh peserta PKM Eksata yang didampingi oleh Bapak Markus Iyus Supiandi, M. Pd, ruang C103 diikuti peserta PKM Kewirausahaan dan didampingi oleh Ibu Emilia Dewiwati Pelipa, M.M dan ruangan C104 diikuti peserta PKM Penerapan Teknologi yang didampingi oleh Bapak Antonius Edy Setiawan, S.Kom. M.Pd.

Harapan panitia, dengan adanya kegiatan ini maka tahun ini diharapkan semakin banyak mahasiswa/i yang ikut berpartisipasi dalam Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Kemenristek Dikti setiap tahunnya. Tahun 2017 yang lalu ada 2 proposal PKM yang lolos seleksi, bahkan 1 proposal lolos sampai PIMNAS di Yogyakarta. Semoga tahun 2018 ini semakin banyak lagi proposal PKM mahasiswa yang lolos seleksi.

#BIAK_KERTAS (BidikmisiInsanAhliKompeten_KerenKreatifTanpaBatas) STKIPPKSintang
#PTSKalimantanBerprestasi
#THTi
#GentongTerasi
#GBU

Unidha

STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Email : stkippersada@gmail.com
Phone : (0565) 2022386, 2022387
© 2018 UPT. Teknologi Informasi & Komunikasi. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang: Facebook Twitter Linked Youtube