header-int

Penunjang Perkuliahan

Posted by : Admin
Share

STKIP Persada Khatulistiwa Sintang memiliki satu unit gedung utama, 6 (enam)gedung untuk perkuliahan dengan total lokal sebanyak 48 lokal, 1 (satu) gedung auditorium, gedung perpustakaan dan lab terpadu
 

Laboratorium-laboratorium penunjang masing-masing program studi sudahdipenuhi semua karena kami berkeyakinan kuliah tanpa didukung dengan peralatanpraktikum yang memadai tidakakan bias mewujudkan visi untuk melahirkan lulusanyang professional. Laboratorium yang ada terdiri dari;

  1. Laboratorium Komputer. Lab.  Komputer yang ada di STKIP Persada Khatulistiwa terdiri dari 2 jenisyaitu;   (1) Lab. - Komputer Dasar : Lab. Komputer Dasar merupakan Lab.Komputer yang pertama dimilikioleh STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, ini memiliki kapasitas 1 ruanguntuk 40 mahasiswa. Di Lab.Komputer Dasar ini bukan merupakan Lab.Jaringan (Stand Alone). (2) Lab. ICT (Internet and Technology Comunication) Lab. ICT STKIP Persada Khatulistiwa terdiri dari 40 unit computermahasiswa, dan ruang belajar multimedia yang dilengkapi denganpendingin udara (AC). Lab. ICT ini merupakan Lab. Jaringan yang sudahterkoneksi dengan jaringan internet berkecapatan tinggi dan didukungperangkat wi-fi.
  2. Laboratorium Lab Microteaching &Unit PPL Laboratorium Microteaching masing-masing program studi memiliki 1 (satu)unit. Otoritas penggunaan laboratorium ini langsung dibawah kendali KetuaJurusan/Program   Studi.  Selain itu masing-masing progran studi jugamemiliki Unit PPL, tugas utama dari unit ini adalah mengatur, memantau, danmengevaluasi mahasiswa yang akan melakukan PPL serta membina hubungandengan tempat/sekolah mitra untuk melakukan PPL. Pada saat PPL Teorimahasiswa program PPL berurusan dengan Laboarotorium Mikroteachingsetelah mahasiswa dinyatakan lulus dari mata kuliah PPL Teori mahasiswaberurusan dengan Unit PPL untuk kegiatan praktek/pemaganganlapangannya. Agar layanan laboratorium microteaching bisa optimal,diperlukan pula pembenahan pengelolaan laboratorium, up-gradingperalatan laboratorium, pengadaan dan penyempurnaan semua manualpraktikum dan peningkatan kompetensi laboran.

Ruang Kelas /  Ruang Perkuliahan STKIP Persada Khatulistiwa memiliki 4 Lokal diantaranya :

  • Ruang Kelas B ; B101,B102,B103,B104,B201,B202,B203,B204
  • Ruang Kelas C ; C101,C102,C103,C104,C201,C202,C203,C204
  • Ruang Kelas D ; D101,D102,D103,D104,D201,D202,D203,D204
  • Ruang Kelas E ; E101,E102,E103,E104,E105
  • Ruang Kelas F ; F101,F102,F103,F104,F201,F202,F203,F204

Perpustakaan atau ruang baca berfungsi mendukung program akademik yangtertuang dalam “Tridharma Perguruan Tinggi” yang mencakup pendidikan,penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Beberapa peran perpustakaandalam hal mendukung proses pendidikan antara lain adalah memberikan informasi,mengkoordinasikan dan menggabungkan semua bentuk layanan untukmeningkatkan proses belajar mengajar, penelitian dan layanan umum. Padaakhirnya, tujuannya adalah tercapainya proses peningkatan kualitas lulusan dalamhal pengembangan wawasan dan penguasaan keilmuannya. 

Karena itulah, selain perpustakaan terpadu yang ada di STKIP Persada KhatulistiwaSintang juga memiliki luas kurang lebih 432m2, dan akan direncanakanperpustakaan khusus untuk program studi Pendidikan Vokasional Informatika yangmanfaatnya sebagai sarana penyediaan referensi bagi mahasiswa dan dosen. Selainmenyediakan sarana referensi dalam bentuk hardcopy, ruang baca program studiPendidikan Vokasional Informatika juga akan menyediakan sarana dalam bentuksoftcopy yang dapat diakses via web STKIP Persada Khatulistiwa (stkipsintang.ac.id)menu e-library. Untuk referensi yang berupa hardcopy, perpustakaan terpadu STKIPPersada Khatulisitiwa Sintang memiliki jumlah buku kurang lebih 5145 buah.
Perpustakaan Terpadu memiliki fasilitas Digital Library yaitu e-library (http://elibrary.stkipsintang.ac.id) yang berisiinformasi-informasi Karya Tulis Ilmiah berupa skripsi, tesis, laporan hasil penelitian,laporan hasil PKM, artikel jurnal Nasional dan Internasional, prosiding seminar dll,baik  yang ditulis oleh civitas akademika STKIP Persada Khatulistiwa dan penelitipenelitilainnya.

Selain memiliki digital library, perpustakaan juga menyediakan 1 ruangan bernamaWork Session Access Internetyang memiliki fasilitas kepada mahasiswa, untukmengakses internet. Tersedia 10 perangkat komputer (PC) yang terhubung denganlayanan internet tanpa batas. Layanan ini bertujuan untuk memudahkan mahasiswamencari informasi dan referensi yang berhubungan dengan IPTEK besertapengembangannya.

Mahasiswa STKIP Persada Khatulistiwa diberikan hak akses internet gratis di dalam kampus, baik itu melalui internet wifi ataupun melalui ruang internet yang memang sudah disediakan kampus. Wifi Mahasiswa diaktifkan 24 jam penuh non-stop dan agar bisa terconnect diharapkan mahasiswa mendaftar login sesuai kode akses yang diberikan UPT.Puskom STKIP Persada Khatulistiwa
 

Sarana umum yang disediakan antara lain :

  1. Lapangan Basket
  2. Lapangan Volly
  3. Lapangan Tenis Meja
  4. Lapangan Upacara
  5. Musholla
  6. Kapel
  7. Aula
  8. Pantry
  9. Toilet Pimpinan/Dosen
  10. Toilet Mahasiswa
  11. Gudang
  12. Pos Satpam
  13. Ruang Unit Kesehatan
  14. Kantin
  15. Koperasi Mahasiswa


 

 

 

Unidha

STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Email : stkippersada@gmail.com
Phone : (0565) 2022386, 2022387
© 2017 UPT. Teknologi Informasi & Komunikasi. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang: Facebook Twitter Linked Youtube