header-int

Prosiding

Posted by : Admin
Share

Prosiding Seminar Nasional 2016

Telah terbit Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Tahun 2016 dengan Tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21” ISSN: 2548-7477

 

Halaman Judul dan Daftar Isi

PEMAKALAH UTAMA

  1. Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21 – Prof. Dr. Siti Zubaidah, S.Pd., M.Pd.
  2. Evaluasi Pembelajaran MIPA Abad 21 – Prof. Dr. Ani Rusilowati, M.Pd.
  3. Isu-Isu Kosakata Matematis Dalam Pembelajaran Matematika – Dr. Sugiatno, M.Pd.

PEMAKALAH PENDAMPING

PENGUKURAN DAN PENILAIAN DALAM PENDIDIKAN

  1. Pendekatan Pembelajaran Tematik Terpadu, Saintifik Dan Penilaian Autentik – Dwi Cahyadi Wibowo, Didin Syafruddin

KURIKULUM DAN PEDAGOGIK

  1. Kajian Tentang Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA – Dwi Rahmawati Utami, Gatot Muhsetyo, Susiswo
  2. Analisis Kemampuan Bertanya Mahasiswa Pendidikan Biologi  STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Pada Pembelajaran Biokimia – Hilarius Jago Duda
  3. Pembelajaran dengan PBL Berstruktur Metakognisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa – Beni Setiawan
  4. Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Masalah Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berstruktur Antisipasi Didaktis – Mutazam
  5. Hakekat Ilmu Pengetahuan Aalam dan Pembelajaran Matematika – Nelly Widyawati, Bertha Kumala Sari
  6. Analisis Kesulitan Mahasiswa pada Pokok Bahasan Logika Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif – Yasinta Lisa
  7. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Prodi PGSD Kelas A6 Pada Mata Kuliah Statistik Pendidikan – Andri
  8. Pengembangan LKS Berbantuan Ular Tangga Pada Materi Logaritma Kelas X SMA – Mita Putri Citra Dewi, Gatot Muhsetyo, Tjang Daniel Chandra
  9. Pembelajaran Problem Posing Berstruktur Modalitas Siswa untuk Mengembangkan Keterampilan Problem Solving Di Sekolah Menengah Pertama – Whilis Intan Nandasari
  10. Pengembangan Modul Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Virus – Samsul Bahri
  11. Pengembangan Media CD Interaktif Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Materi Menggolongkan Hewan Untuk Siswa Kelas IV SD – Lili Azhari, Imanuel Sairo Awang, Fatkhan Amirul Huda

MODEL PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN

  1. Kemampuan  Problem  Solving  dalam  Pembelajaran Persamaan Kuadrat dengan Problem Based Learning Berstruktur Cerita Kontekstual di SMA – Desy, Agung Hartoyo, Dede Suratman
  2. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Gambar Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 23 Menyumbung Dengan Metode Demonstrasi – Wagima Etni Ruaida
  3. Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 26 Aboi Terhadap Mengenal Pemerintahan Kota dan Desa Melalui Metode Diskusi Partisipatif – Agatha Rohani
  4. Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas IV SDN 23 Menyumbung Sintang Terhadap Memahami Gaya Dapat Mengubah Gerak dan Bentuk Suatu Benda dengan Metode Penemuan Terbimbing – Isnawati
  5. Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas II SDN 23 Menyumbung Sintang Tentang Menerapkan Hidup Rukun Saling Berbagi Dan Tolong Menolong Melalui Metode Simulasi – Darmawati
  6. Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IVB SDN 1 Nanga Dedai Terhadap Menjumlah dan Mengurangi Bilangan Bulat  Dengan Metode Simulasi – Nurdin
  7. Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IVA SDN 4 Sintang terhadap Sifat Bangun Ruang Sederhana Dengan Metode Simulasi – Maslindrawati
  8. Upaya Meningkatkan Pemahaman Organ Pencernaan Manusia Pada Siswa Kelas V SDN 23 Menyumbung Sintang dengan Metode Penemuan Terbimbing – Mariatul
  9. Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Melakukan Pengurangan Bilangan Dua Angka Pada Siswa Kelas IA SDN 13 Sungai Kawat Sintang melalui Metode Demonstrasi – Zahara
  10. Upaya Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Melakukan Operasi Hitung Perkalian Melalui Metode Demontrasi Pasa Siswa Kelas V B  SDN 04 Sintang – Empenit
  11. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 23 Menyumbung Sintang terhadap Perubahan Sosial Budaya Dalam Kawasan Negara ASEAN Melalui Metode Kooperatif STAD – Haimi Suarni
  12. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 23 Menyumbung pada materi permainan bola besar (Bola Volley) Dengan Metode Demonstrasi – Hamzah
  13. Upaya  Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas V SDN 23 Menyumbung Sintang Terhadap Beriman Kepada Kitab Allah  Melalui Metode Diskusi Partisipatif – Hapsyah
  14. Upaya Meningkatkan Pengetahuan Siswa Kelas VI B SDN 4 Sintang Terhadap Materi Pemilu Dan Pemilukada Dengan Metode Simulasi – Sofyan
  15. Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas II SDN 5 Sintang Terhadap Hidup Bermusyawarah Melalui Metode Diskusi Partisipatif – Sri Mawarni

KECENDRUNGAN BARU DALAM PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN

  1. Penerapan Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat – Japri Maulana, Imanuel Sairo Awang, Dessy Triana Relita
  2. Janiah Sebagai Media Penyampaian Pembelajaran Nilai – Sri Astuti, Yusuf Olang
  3. Pengaruh Penerapan Metode Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah  Matematika Ekonomi Di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang – Anna Marganingsih, Emilia Dewiwati Pelipa
  4. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia – Kristianti Meti Trikasari, Benediktus Ege
  5. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif   Pada Materi Mengidentifikasi Cara Makhluk Hidup Menyesuaikan Diri dengan Lingkungannya – Jimi, Florentina Rahayu Esti Wahyuni, Yasinta Lisa

GAYA DAN STRATEGI DALAM PEMBELAJARAN

  1. Hubungan Antara Kemampuan Memecahkan Masalah Dengan Hasil Belajar Kognitif pada Pembelajaran Biologi Berbasis Strategi Pembelajaran Plasma Cluster – Markus Iyus Supiandi
  2. Profil Koneksi Matematis Siswa Berkemampuan Tinggi Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel – Melinda Rismawati
  3. Strategi Inovatif Dalam Gamitan Pendidikan Karakter – Debora Korining Tyas
  4. Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Menggunakan Media Audio Visual Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 12 Penemur Tahun Pelajaran 2016/2017 – Evi Fitrianingrum, Dwi Cahyadi Wibowo, Rufina
  5. Hubungan Antara Kreativitas Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar IPA siswa Kelas  IV Sekolah Dasar Negeri 36 Sepan Kemantan Tahun Pelajaran 2015/2016 – Fatkhan Amirul Huda, Eva Yuliana Manurung, Nelly Wedyawati

PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS DAN SERTIFIKASI GURU

  1. Peran Sentral Guru Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Dan Implementasinya Pada Pembelajaran Abad 21 – Ferdinandus Husen Pantar
  2. Koherensi Sajian AntarKomponen Kecakapan Matematis Materi Trigonometri Dalam Buku Teks Matematika SMA – Ahmad Kurniadi

MODEL PEMBELAJARAN YANG DIBUTUHKAN PADA ABAD 21

  1. Critical Thinking dan Problem Solving Skills  Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar – Ropal Aria Silo
  2. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP N 4 Dedai Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia – Anur Hidayat, Dessy Triana Relita, Markus Iyus Supiandi
  3. Pengaruh Penerapan Pembelajaran ARIAS Dipadu Mind Map Terhadap Hasil Belajar Psikomotor Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tempunak – Leliavia, Mimien Henie Irawati Al Muhdhar, Hadi Suwono
  4. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Pecahan Melalui Contextual Teaching And Learning – Olenggius Jiran Dores
  5. Penerapan Strategi Pembelajaran Pq4r Berbasis Reward Terhadap Kognitif Siswa Pada Materi  Sistem Pencernaan Manusia – Valentinus Nino Riadi, Florentina Rahayu Esti Wahyuni , Hendrikus Julung
  6. Pengaruh  Model Problem Based Learning (PBL) Dipadu Dengan PQ4R Pada Kemampuan Akademik Berbeda Terhadap Kreativitas Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA Swasta Di Sintang – Hendrikus Julung
  7. Penerapan Pembelajaran Ekosistem Berbasis Lingkungan Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMA – Florentina Rahayu Esti Wahyuni
  8. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Student Centered Approach Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Dan Hewan Kelas VI SDN 23 Menyumbung Tahun Pelajaran 2016/2017 – Mohammad Solihein, Nelly Wedyawati, Markus Iyus Supiandi
  9. Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal Dan Fasilitas Belajar  Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V Dan VI SD Negeri 12 Nyonak Kecamatan Nanga Mahap Kabupaten Sekadau Tahun Pelajaran 2016/2017 – Yako Aden, Emilia Dewiwati Pelipa, Agnesia Hartini

TECHNOLOGY DAN E-PEDAGOGY DALAM PEMBELAJARAN

  1. Pengaruh Penggunaan Media Computer Assisted Instruction (CAI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Sistem Gerak – Benediktus Ege, Wahyudi Afnur
  2. Pemanfaatan Tanaman Bambu Untuk Membuat Aneka Kerajinan Tangan Khas Suku Dayak Desa Sebagai Alternatif Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Dalam Menganalisis Peluang Bisnis – Emilia Dewiwati Pelipa

Unidha

STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Email : stkippersada@gmail.com
Phone : (0565) 2022386, 2022387
© 2018 UPT. Teknologi Informasi & Komunikasi. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang: Facebook Twitter Linked Youtube